Desain Honda Jazz Lebih ”Membumi”

Jakarta, KompasOtomotif – Honda Jazz terbaru mengusung konsep desain yang meninggalkan ciri khas generasi-generasi sebelumnya. Jika di model lama lebih simpel dan terkesan bulat, gurat wajah baru justru sebaliknya, terkesan futuristik dengan beberapa sudut, terutama pada wajah depan. Meski demikian, Honda berhasil mempertahankan karakter unik Jazz sejak generasi pertama lahir.

Untuk menggali lebih jauh konsep desain ini, KompasOtomotif menanyakan langsung ke Large Project Leader Honda R&D Tochigi Center Jepang Makoto Konishi. Dijelaskan bahwa secara garis besar, konsep desain eksterior harus terkesan lebih lebar dan stabil. Itulah kenapa lampu depan dibuat memanjang, tapi bodi secara keseluruhan lebih pendek 200mm.

”Meski lebih pendek, tapi kami berhasil menciptakan ruang kabin yang luas dengan konsep man maximum machine minimum. Dengan lantai yang flat dan ultra seat yang bisa dilipat secara keseluruhan untuk memperoleh konfigurasi jok sesuai selera, Jazz baru ini lebih unggul dibandingkan dengan kompetitor,” ujar Konishi.

Soal perwajahan, meski merupakan model global, namun prinsipal tak lagi mencari masukan desain sesuai keinginan konsumen global. Justru sebaliknya, Konishi mengungkap bahwa Honda-lah yang menawarkan desain baru ini melalui tim di seluruh dunia kepada user. Artinya, Honda yang menawarkan tren, bukan mengambil pergeseran tren dari konsumen.

”Memang agak sulit, untuk mencapai seberapa futuristik dan konsep lain yang kami tawarkan. Keputusan bukan di tangan kami saja, tapi kami juga tawarkan ke para petinggi Honda. Hasilnya Jazz baru sedikit lembut,” ungkap Konishi.

Related Posts:

0 Response to "Desain Honda Jazz Lebih ”Membumi”"

Posting Komentar